0
Keunggulan Mesin Vespa Terbaru dengan Teknologi 3 Valves ini menggunakan mesin satu silinder 4-tak berpendingin udara dengan 3 katup (2 katup masuk dan 1 katup buang) satu overhead cam dan sistem injeksi bahan bakar elektronik. Crankshaft baru Vespa yang disesuaikan pada bentuk dan bobot, putaran camshaft dengan tumpuan pada bearings, serta penggunaan roller rockers mengurangi tingkat gesekan secara signifikan, menciptakan keuntungan dalam hal kinerja dan konsumsi bahan bakar. Pengurangan diameter (bore) dan penambahan langkah (stroke), menciptakan keuntungan pada respon torsi dan akselerasi. Dalam rangka mencari kinerja dan rasio konsumsi bahan bakar terbaik.

Keunggulan-Mesin-Vespa-Terbaru.jpg

Teknologi 3 Valves adalah yang paling efektif karena meningkatkan kinerja katup masuk, meningkatkan efisiensi mesin dibandingkan dengan mesin 2 valves yang konvensional. Timing system yang inovatif tersebut memungkinkan kita untuk meningkatkan pergerakan pencampuran bahan bakar di dalam silinder. Sehingga proses pembakaran menjadi lebih sempurna dengan posisi busi yang baru yang secara bersamaan menjamin perbaikan sistem pendinginan dari komponen-komponen di kepala silinder, yang sekaligus dapat mempermudah perawatan.

vespa-946-engine-teknologi-3-valves.jpg

Sistem pendinginan merupakan obyek analisis utama, melalui simulasi thermo fluid dynamic, yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja dan dengan demikian akan memperoleh pengurangan signifikan pada tingkat kebisingan mesin dan penyerapan tenaga. Sistem injeksi bahan bakar telah diperbaharui, dengan cycle automatic idle management serta cycle fuel mixture management yang berkelanjutan dengan penggunaan Lambda probe yang efisien. Generasi terbaru ECU (electronic control unit) yang mengatur advance mapping terhadap pencampuran bahan bakar dan waktu pengapian.

vespa-946-engine.jpg

Free wheel electric starter baru, lebih efisien dan tidak berisik, terpadu sempurna dengan mesin yang kaya akan fitur-fitur teknologi. Ditambah dengan dry centrifugal clutch otomatis yang telah dikalibrasi dengan tujuan untuk memaksimalkan kinerja dan penghematan bahan bakar pada kecepatan rendah. Teknologi 3 Valves juga memberikan keuntungan yaitu berat mesin yang lebih ringan dari pendahulunya 2 Valves. Bersama dengan peningkatan kinerja yang signifikan, penghematan bahan bakar juga ditingkatkan, sekitar 30 persen lebih baik bila dibandingkan dengan mesin generasi sebelumnya.

vespa-946-engine-teknologi.jpg

Hal ini menjadikan si Vespa Motor Klasik yang kembali hadir dengan gebrakkan terbaru dan  dapat meraih tingkat keekonomisan bahan bakar terbaik di segmen matik. Secara spesifik, tingkat penggunaan bahan bakar pada mesin 3V ini mencapai kurang lebih 45 km/liter pada kondisi lalu lintas kota. Mesin 3V juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan yang berbeda tanpa mempengaruhi kinerja dan kehandalan mesin.

Mesin baru ini memungkinkan pengguna untuk mengurangi biaya operasional tidak hanya dalam hal konsumsi bahan bakar. Tapi juga dalam biaya perawatan karena selang waktu servis saat ini sudah diperpanjang menjadi 5.000 km. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang hanya 3.000 km. Disamping itu periode penggantian oli juga sekarang sudah diperpanjang menjadi 10.000km, dimana generasi sebelumnya hanya 6.000km.

Sumber: otosia.com - kumpulan modifikasi motor.

Post a Comment

 
Top
close