0
Tips belajar nyetir mobil matik untuk Anda yang ingin mencoba mempelajari bagaimana cara menyetir mobil matik meupakan suatu yal yang wajar untuk perlu mngetahui tehnik dan cara menyetir motor matik atau mobil matic. Hal seperti ini biasanya terjadi bagi pemilik kendaraan baru dengan jenis transmisi otomatis tersebut, apa lagi dia sudah terbiasa berkendara dengan mobil manual. Melalui tips belajar bagaimana cara mengemudi mobil baru matic berikut ini mungkin bisa nda jadikan acuan untuk belajar khususnya untuk pemula.

belajar-nyetir-mobil-matik.jpg

Tips Nyetir Mobil Matik

1. Pahami posisi dan urutan pada tuas transmisi. Sebab hal ini harus Anda pahami hingga di luar pikiran, sehingga tidak ada salah pengoperasian saat mau menjadi mundur dan sebaliknya. Ingat, pahami terlebih dulu ya bro!

2. Biasakan kaki kiri bebas tugas dari kebiasaannya menginjak kopling, karena mobil matik hanya menyediakan rem dan gas saja. Jangan sampai lupa ya bro!

3. Anda harus membiasakan menginjak pedal rem terlebih dahulu saat ingin memindahkan tuas transmisi ke posisi 'D'. Hal ini bertujuan menghindari mobil melaju dengan sendirinya. Jangan lupa injak remnya duluan ya!

4. Pada saat jalanan macet atau berhenti di lampu lalu lintas selama kurang lebih 10 sampai 20 detik, sebaiknya tuas transmisi dipindahkan ke posisi netral. Hal ini juga layaknya dilakukan pada mobil bertransmisi manual juga bukan. Dan saat ingin melaju lagi, ikuti tahap ke-2.

5. Apabila Anda berada di daerah penuh dengan tanjakan maka pentingnya tuas transmisi dipindah pada pilihan L atau 2. Dimana L (Low) yang berada paling bawah sama halnya gigi pertama dan 2 adalah gigi ke-2.

6. Injakan kaki pada pedal gas yang mempengaruhi perpindahan gigi transmisi sesuai dengan rpm mesin. Hal ini dikarenakan adanya throttle sensor yang mendeteksi besar kecilnya injakan pedal gas.

7. Memahami fungsi tombol hold pada tuas transmisi. Beberapa mobil matik biasanya terdapat sebuah tombol kecil bertuliskan hold. Saat ditekan maka pada layar speedometer akan muncul tulisan kuning O/D.
Semoga dengan cara nyetir mobil matik melallui kumpulan modifikasi  motor ini kebiasaan menyetir mobil manual akan hilang dan akan terbiasa dengan mobil listrik.

Post a Comment

 
Top
close