0
Tips Cara Merawat Aki Pada Sepeda Motor Dan Mobil Anda berikut ini merupakan cara praktis bagaimana jenis aki pada kendaraan tidak cepat soak dan tetap bertahan lama, buat Anda yang mungkin sekarang ini lagi bermasalah dengan Aki yang di gunakan pada kendaraannya , langsung saja disimak bagaimana Tips merawat Aki untuk kelancaran mesin motor maupun pada mobil Anda

cara-merawat-aki-accu.jpg


Cara Merawat Aki Motor

Untuk menyalakan motor , diperlukan adanya sumber arus searah dari komponen motor yang disebut aki. Aki mempunyai peranan penting untuk menyalakan motor supaya mudah di-starter.

Diperlukan perawatan yang rutin, supaya aki motor tetap awet dan performanya terjaga. Dengan begitu, pengguna kendaraan akan mudah menyalakan motor. Perawatan aki harus dilakukan secara rutin untuk memeriksa peforma motor.

Berikut ini ada empat cara merawat dan menjaga aki motor supaya lebih tahan lama dan memudahkan pengguna dalam menghidupkan kendaraan roda dua tersebut. Dengan melakukan tips di bawah ini, aki tersebut akan tahan sekitar 3-4 tahun.

Perhatikan permukaan cairan aki. Cairan aki harus berada di antara garis permukaan atas dan garis permukaan bawah. Periksa penggunaannya secara rutin setiap dua bulan sekali. Jika air aki tidak terasa di antara garis permukaan atas dan garis permukaan bawah, tambahkan air aki.

Hindari memodifikasi aliran listrik pada aki. Cara pemasangan kabel ke aki yang tidak benar, apalagi jika pengisian aki bermasalah, bisa mengakibatkan daya listik akan cepat habis.

Utamakan kick starter dibandingkan starter electric, untuk menghidupkan mesin motor. Hal ini dikarenakan penggunaan kick starter di pagi hari masih cukup efektif, untuk menghemat baterai aki

Gunakanlah motor secara bijak. Maksudnya adalah perhatikan jarak tempuh penggunaan motor, apakah perlu atau tidak? Jika jarak tempuh bisa dijangkau dengan jalan kaki, tidak perlu menggunakan motor.

Penggunaan kick starter sebaiknya digunakan ketika motor dalam jangka panjang tidak hidup sekitar 8-12 jam. Jika motor tidak digunakan dalam waktu yang singkat sekitar 5-7 jam, gunakan saja fasilitas starter elektrik untuk menghidupkan motor Anda. Jadi, penggunaan motor secara bijak dalam kehidupan sehari-hari dapat menjaga aki motor Anda supaya awet dan tahan lama.

Tips Merawat Aki Mobil

Beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri untuk merawat aki mobil, terutama mobil yang menggunakan aki basah adalah sebagai berikut:

Menjaga ketinggian permukaan elektrolit aki atau air di level yang cukup. Apabila ketinggian permukaan air aki mendekati low, sudah waktunya untuk menambah air aki. Penyebab berkurarangnya air aki adalah terjadinya penguapan karena sell aki rusak atau panas.

Apabila posisi air aki mobil berada di belakang kipas radiator, bisa digunakan penutup aki supaya panas dari kipas radiator tidak langsung mengarah ke aki.

Jaga kebersihan permukaan aki, baik di terminal positif maupun negatif. Apaila berkerak atau terlihat warna kehijauan pada terminal aki, segera bersihkan lah. Cara membersihkannya, Anda tinggal menggunakan air panas secukupnya.

Berkaitan dengan terminal aki berkerak berwarna hijau, ini disebabkan oleh terminal aki yang longgar. Oleh karena itu, setelah dibersihkan kencangkan baut.

Mengurangi keseringan pemakaian setrum aki ketika mesin mobil tidak hidup. Khususnya untuk peralatan dalam mobil yang mengonsumsi arus besar. Hal ini bertujuan untuk mencegah seringnya aki mobil mendapat arus pengisian besar saat start mesin mobil. Semakin sering aki mendapatkan pengisian arus listrik, semakin memperpendek umur aki tersebut.

Mobil yang jarang digunakan atau mungkin hanya seminggu sekali, ada baiknya tetap dipanaskan setiap hari atau dua hari sekali.

Apabila memang tiba waktu penggantian aki mobil, lebih baik ganti aki mobil dengan ukuran yang sama. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemasangan aki baru dengan ukuran tempat aki yang sesuai. Dengan begitu, tidak perlu mengubah dudukan atau pegangan aki saat pengantiannya. Di samping itu, ukuran aki yang lebih tinggi akan rawan, sehingga dikhawatirkan terminal air akan bersentuhan dengan kap mesin saat ditutup.

Supaya tidak salah membedakan antara terminal aki positif dengan negatif, iasanya di badan aki tertera tanda (+) dan (-). Cara lain yang efektif untuk membedakan (+) dan(-) adalah dari ukurannya (terminal aki positif lebih besar ukurannya dibandingkan dengan terminal aki negative).

Semoga dengan info tips cara perawatan pada Aki di atas tersebut sangat bermanfaat untuk Anda untuk melihat hasil modifikasi motor, bisa langsung dapatkan disini kumpulan modifikasi motor.

Post a Comment

 
Top
close