0

Nissan Motor akan meluncurkan merek  Datsun dan produk pertamanya kemungkian dilaunching Januari 2014. Merek Datsun ini sebenarnya lahir sejak tahun 1931 pada prosesnya merek ini berhenti produksi  Maret 1986. Nissan sangat ambisius dengan kelahiran kembali Merek Datsun ini. Salah satu produnya yang begitu dikenal adalah Datsun Kotak. Segmen yang dibidik adalah kelas entri . Datsun ini adalah merek ketiga dari Nissan setelah Infinity.

Menariknya Indonesia dijadikan basis produksi disamping India dan Rusia. Kemungkian besar Indonesia menjadi basis produksi untuk setir kanan dan produknya juga akan menyasar ekspor. Perkiraan produksi Datsun akan mencapai 60.000 unit di tahun pertama


Lantas gimana modelnya, Di Amerika model Nissan kelas entri adalah  Nissan Versa dengan harga mulai $ 10.900./  Basic  Lantas bagaimana dengan Datsun  dan model pertamanya, disinyalir akan mengambil basis model dari Lada - Kalina (Lada adalah pabrik mobil di Rusia yang sahamnya dimiliki oleh Nissan)..

Yang paling menarik dari Datsun ini adalah janjinya menjual di bawah 100 jeti, karena menurut petingginya, yang membuat harga mobil mahal di indonesia bukan hanya pajak tetapi adalah ketidakefisienan industrinya.

Kelahiran Datsun ini jelas akan membuat peta permobilan Indonesia akan  semakin gaduh. Setelah keberhasilan Suzuki Ertiga, Chevy Spin,  Duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, sudah barang tentu membuat Datsun semakin percaya diri membangunnya di Indonesia.

Apapun namanya persaingan akan membawa pilihan pada konsumen dan kemajuan industri itu sendiri. Dan bagi Indonesia adalah suatu kesempatan untuk alih teknologi sekaligus membuka lapangan kerja baru, Kalo Proton memulainya dengan Mitsubishi, kenapa ngak Indonesia mulai dengan Datsun dan kolaborasi dengan Esemka...who knows.....

Dari berbagai sumber ........semoga bermanfaat.

Post a Comment

 
Top
close