16
Penyebab masalah setrum hilang total pada Kawasaki Ninja 250 yang di akibatkan setrum aki berkurang dan terdapat banyak faktor seperti yang di akibatkan oleh kabel positif korslet, ngeground ke masa bodi atau motor lama tidak dipakai. “Tapi, jangan sampai dapat masalah kehilangan setrum tanpa sebab. Ini yang mesti diwaspadai pemilik Kawasaki Ninja 250R. Untuk menghidupkan mesin pada Kawasaki Ninja 250R, sipnya pakai electric starter. Tinggal tekan tombol, maka dinamo starter akan lebih ringan memutar engine. Tapi, fungsi elektrik starter nggak akan baik jika performa aki masalah. Terutama jika arus listrik kehilangan atau kurang arus setrum.

Kawasaki Ninja 250R.jpg

Apalagi cirinya lampu-lampu indikator di panel spidometer tak bersinar semua. Nah, jangan coba-coba motor sampeyan dorong. Gak mau hidup.

“Di motor rakitan tahun 2010-2011 melalui bengkel kumpulan modifikasi motor sering ditemui masalah seperti itu. Biasanya ada sepul yang terbakar. Umumnya motor tersebut sering dipakai buat kebut-kebutan dan bukan saat pertama mau dihidupkan. Selain masalah tadi, paling akinya soak,” timpal Nurfaizin dari Brian Motor.

Aki soak pun sama gejalanya dengan mati total. Sebab tidak ada arus setrum yang keluar dari aki untuk dipakai komponen kelistrikan dan pengapian di motor. Seperti di komponen elektrik starter, klakson, sein bahkan komponen pengapian CDI arus DC. Cuma, biar masing-masing part aman dari korslet, di Ninja 250R di lengkapi sekring.

Selain karena umur pakai, aki soak juga bisa dipengaruhi prilaku pemilik motor juga komponen lain. Seperti motor jarang dipakai dan dipanaskan. Atau, yang sudah disebut sebelumnya. Makanya setrum aki cepat berkurang. Terlebih jika tidak dibantu cas alias charge ulang.

Cuma kalau aki masih bagus tapi setrumnya masih tetap mati total, sampeyan jangan panic. Coba cek sekring utama yang letaknya boks sekring tepat di dekat bendik starter. Mungkin sekring kendur atau putus. Sehingga tidak bisa lagi mengalirkan setrum ke komponen kelistrikan dan pengapian.

“Itu seperti sekring utama dari aki untuk disebar ke semua komponen lewat boks sekring di bawah jok. Jika soketnya kendur atau sekring putus, maka tidak ada arus yang keluar,” imbuh Anky di Jl. Mertasari No. 98, Suwung Kangin, Denpasar, Bali seperti yang dilansir otomotifnet.com.


“Aki asli banyak di jual melalui bengkel resmi Kawasaki. Cuma memang lebih mahal karena speknya lebih tinggi dari motor biasa. Demikian info tips mengenai kelistrikkan pada kawasaki ninja 250, semoga bermanfaat

Post a Comment

  1. siang gan . saya punya motor kawasaki z250 sekia 8 bulan tak tinggal tugas itu distarter gak mau nyala i gan ?? ada problem apa ya kira kira

    ReplyDelete
  2. Motor gua ninja 250 karbu kelistrikan nya mati total gimana ngatasin nya bro??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan,,,anda udah dapet solusi apa belum.
      Kalo udah,please bagi ke aku ya,,,punyaku juga mati ini,,,😢 tks

      Delete
    2. Gan,,,anda udah dapet solusi apa belum.
      Kalo udah,please bagi ke aku ya,,,punyaku juga mati ini,,,😢 tks

      Delete
  3. Udah ganti sekring tapi langsung konslet,sekring putus lagi,padahal pcc kunci off,,mohon pencerahannya gan
    Tks.

    ReplyDelete
  4. Mau tanya baru beberapa hari yang lalu motor Kawasaki ninja 250 fi aku panasonic tidak ada masalah, kemari sore aku coba nyalakan, tidak ada hidup alias mati total kelistrikan nya, kira kira apanya ya, padahal bulan lalu baru ganti oli & tune up, bendik starter baru diganti juga

    ReplyDelete
  5. Kalo maksa d dorong apa akibatnya ?

    ReplyDelete
  6. Sekring utama motor ninja 250 injeksi sering main main

    ReplyDelete
  7. Sekring utama motor ninja 250 injeksi sering main main

    ReplyDelete
  8. Ada yg udah dapet solusi?
    Bagi infonya dong. Motor saya mati total

    ReplyDelete
  9. Saran saya.kalau motor gk bisa nyala.pas di stater cuma bunyi bedak jeduk.coba agan cek dinamo stater.dan sekering nya.dan juga cek saklar on off bisa JD rusak yg mengakibatkan motor mati tapi tapi gak bisa stater.

    ReplyDelete
  10. Bro maap mau tanya kalo mesin motot ninja 250 karbu susah hidup tapi strum ada apa nya kira2 ?

    ReplyDelete
  11. Maaf om mau tanya saya punya ninja 250 ko pengapinnya mati sebelah itu akibat apa ya ?

    ReplyDelete
  12. Maaf om mau tanya saya punya ninja 250 ko pengapinnya mati sebelah itu akibat apa ya ?

    ReplyDelete
  13. Pagi gan saya punya motor ninja 250cc tahun 2010, setiap saya mau panasin pas di starter motor langsung mati total itu knpa ya? , mohon masukannya

    ReplyDelete
  14. Ada yang tau harga dioda ninja 250 karbu

    ReplyDelete

 
Top
close