0
Hasil garapan Modifikasi Yamaha Mio ala MotoGP bisa terbilang extreme, hanya engine Yamaha Mio yang diaplikasi. Sisanya, buah pemikiran Mr. Montree. “Untuk membuat motor sport mini ini, saya harus desain dari awal seluruh bagian rangka. Termasuk bodinya juga,” urai mekanik yang hobi berkacamata ini. Untuk rangka baru, Yamaha Mio ini seluruhnya mengandalkan bahan aluminium. Proses pemotongan rangka juga dilakukan dengan sistem CNC. Enggak sulit untuk Montree bikin rangka ini, pasalnya dia juga pemasok rangka modifikasi motor custom yang kerap dipakai untuk balap drag bike.




Oleh pemilih asli yamaha mio ini sengaja pilih rangka dari aluminium. Selain materialnya ringan, pengerjaannya juga lebih mudah lo para fotomodif lover. Desain rangka yang menjadi patokan utamanya adalah, mengikuti model rangka dari model  motor sport yang dilengkapi deltabox. Pada rangka bawah, langsung terhubung dudukan mesin Yamaha Mio yang dilengkapi undur-undur. Selain rangka material aluminium, pengerjaan CNC ini juga dimanfaatkan buat bikin foostep. Paling sip, desain suspensi belakangnya dibuat monosok layaknya besutan sport sejati. Untuk dudukannya, dia membentuk dudukan monosok bagian bawah dengan materail aluminium. Model breket monosok ini dibentuk seperti huruf U. Sedangkan pada bagian kanan CVT, dibuat arm tambahan seperti pada Yamaha Nouvo. “Selain sebagai dudukan shock, juga berfungsi buat breket kaliper belakang,”

Modifikasi yamaha mio ala motogp-1.jpg


Untuk bagian bodi, dibentuk mengikuti replika Yamaha YZR-M1 di ajang bergengsi  motogp. Namanya juga replika, stripingnya juga dibuat mirip dengan mengandalkan grafis Yamaha Factory Racing. “Saya memang sengaja menyiapkan motor ini untuk Jorge Lorenzo. Makanya dibubuhkan nomer 99,” ujar Montree seperti yang dilansir melalui otomotifnet.com. Benar saja, saat kunjungan Jorge Lorenzo ke Thailand Desember lalu saat gelaran Race Of Champions (ROC) motor Mio bikinan Montre juga ikutan dipajang. Makanya, sebagai kenang-kenangan pada bagian tangki motor ini dibubuhi tanda-tangan Lorenzo.

“Sebelum kasih tanda tangan, dia sempat coba duduk di atas motor ini,” bangga Montree sambil memperlihatkan di smart phone miliknya, foto Jorge Lorenzo saat ditanda tangani motor miliknya-kumpulan modifikasi motor.

DATA MODIFIKASI
Ban depan : IRC 100/60-12
Ban belakang : IRC 130/70-12
Knalpot : Custom
Sok belakang : Bazoka gas
Kaliper : RGGS

Post a Comment

 
Top
close