0

Fenomena Nonton Bareng

Untuk suatu acara yang banyak disukai oleh masyarakat, seringkali stasiun televisi menayangkan siaran langsung (live) ini untuk menaikkan ratting siarannya. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh hotel dan tempat hiburan seperti caffe ataupun restaurant terkenal dengan membuat acara nonton bersama atau lebih dikenal dengan istilah “Nobar” agar tempatnya ramai dikunjungi oleh masyarakat yang mempunyai hobby sama untuk  datang menonton acara tersebut.

Ternyata banyak orang siap begadang untuk NOBAR = Nonton Bareng meskipun harus membayar, tetapi terasa berat melangkahkan kaki untuk SHOBAR = Sholat Bareng berjama'ah ke masjid, meskipun gratis tak perlu membayar ?

Padahal seandainya mereka tahu pahala yang luar biasa ketika melangkahkan kaki untuk sholat berjama'ah. Langkah kaki pertama, Allah SWT akan hapuskan dosanya, langkah kaki berikutnya akan dimuliakan atau dinaikkan derajatnya.





Lalu sholat sunnah 2 rakaat sebelum Shubuh, dijelaskan dalam hadist pahalanya lebih baik dari dunia dan isinya. Apalagi sholat yang wajib, yaitu melakukan sholat Shubuh berjam'ah pastilah sangat luar biasa besar pahalanya.

Kenapa banyak orang yang "enggan atau malas" untuk meraih pahala yang luar biasa dan itu semua "gratis" tidak perlu membayar ? Sholatlah dengan keikhlasan dan ketaatan atas perintah sholat wajib 5 waktu.

Namun untuk Nobar apapun jenis tontonannya “biarin dah, asalkan bisa ngikut bareng-bareng nonton sampai dibela-belain” begitu kata orang Betawi, buat Nobar selalu ada persiapan bahkan dengan membayar sejumlah uang, celakanya malah meninggalkan kewajiban karena “mengantuk dan ketiduran” lupa sholat wajibnya.

Sahabat,...

Perjuangan berat untuk melaksanakan sholat subuh, walau hanya 2 raka’at tetapi untuk bangun sangatlah sulit membutuhkan ekstra perjuangan untuk membiasakannya. Orang yang telah mengetahui keutamaan rahasia sholat Shubuh, ketika menuju masjid dengan menembus udara dingin mereka lakukan karena mereka tahu betapa agung dan luar biasanya kedudukan sholat wajib Shubuh dan 2 rakaat sholat sunnah sebelumnya, namun bagi sebagian orang yang belum tahu akan lebih menikmati buaian setan dalam tidurnya.

Bagaimana dengan kita?? Marilah mulai saat ini berjuang melawan kemalasan dan bangun untuk melakukan sholat Shubuh menuju masjid supaya mendapatkan raport bagus, kapan lagi kalau tidak dimulai, mungkin tak akan ada waktu lagi.

Jangan lupakan sholat karena amalan yang pertama kali dinilai adalah amalan sholat. Ketika amalan sholatnya baik, Insya Allah baik pula amalan yang lainnya. Namun ketika amalan sholatnya buruk, maka amalan lainnya akan buruk pula.

 Semoga bermanfaat....!



Post a Comment

 
Top
close