0
Merawat Mesin Mobil Meskipun kita bukan termasuk orang yang paham akan mesin sebuah mobil, hal tersebut bukan sebuah alasan untuk membenarkan jika kita mengabaikan kondisi mesin mobil kita. Sebab, sebagai pemilik mobil tentu kita diwajibkan untuk mengenal Mesin Mobil secara baik kondisi kendaraan yang kita miliki. Selain itu, kita tidak bisa selamanya menggantungkan perawatan mobil kita kepada bengkel. Sebab, masalah yang mungkin muncul pada mobil kita bisa saja terjadi ketika kita sedang berada jauh dari lokasi bengkel yang membutuhkan penanganan kita secara langsung.

tips merawat mesin mobil.jpg

Oleh karena itu, ada beberapa tips merawat mesin pada mobil yang harus dilakukan dalam merawat sebuah mesin mobil, agar tetap dalam kondisi prima serta aman untuk dikendarai. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah :

1. Kenali suara mesin mobil Anda. Dengan mengenali suara mesin, kita akan mudah mengetahui apabila ada perubahan suara dari mesin mobil yang menjadi indikasi ada bagian yang perlu segera ditangani. Segera periksa dan bawa mobil ke bengkel kepercayaan.

2. Periksa bagian-bagian yang membutuhkan pengecekan secara rutin, seperti air radiator, oli serta aki. Jangan sampai sebuah mobil kehabisan air radiator yang bisa menyebabkan suhu mesin melonjak drastis.

3. Apabila mobil tidak digunakan dalam jangka waktu lama, mesin harus tetap dipanasi. Hal ini untuk menjaga agar semua komponen terlumasi oleh oli, serta menjaga sistem kelistrikan yang disuplai oleh aki.

4. Perhatikan saat kita mencuci mobil, jangan samapi ada bagian air yang masuk ke dalam mesin. Jika harus mencuci mesin, lakukanlah dengan hati hati dan jangan diguyur dengan air.

5. Apabila saat melaju di jalan Anda merasa ada yang aneh dengan mesin mobil, segera pinggirkan mobil Anda dan jangan paksakan untuk terus melaju! Segera matikan mesin dan buka tutup mesin! Apabila masih ragu, segeralah telepon bengkel 24 jam yang paling dekat dengan lokasi.

Kalau hanya berpikir untuk hari ini, masalah akan menghampiri dengan sangat mudah. Oleh karena itulah, setiap pemilik kendaraan seharusnya memikirkan masa yang akan datang atau risiko apa yang mungkin bisa terjadi. Kesadaran ini membuat mereka merasa harus merawat kendaraannya dengan baik terutama bagian mesin. Kalau hanya bisa pakai, maunya orang memang tinggal pakai dan tidak memikirkan apakah ada yang salah dengan kendaraan itu atau tidak.

Sama seperti motor atau kendaraan lainnya. Biaya perawatan ini bisa cukup tinggi. Walaupun sudah ada bengkel resmi untuk jenis dan merek kendaraan tertentu, pemilik mobil tetap harus mengetahui bengkel mana yang mempunyai mekanik cukup handal-kumpulan modifikasi motor.

Post a Comment

 
Top
close