0
Jika sebelumnya Suzuki Ertiga hanya menawarkan transmisi manual pada semua variannya, mulai sekarang bulan Mei 2013 resmi diluncurkannya Ertiga Dengan Transmisi Baru, yaitu dengan tambahan transmisi otomatis dan itu dimiliki oleh jeni Ertiga tipe GL double blower (DB) dan Ertiga tipe GX DB. Penawaran transmisi otomatis terbaru ini tidak terlepas dari permintaan konsumen akan mobil bertransmisi otomatis, akibat meningkatnya kepadatan lalu lintas.

Ertiga yang merupakan salah satu mobil keluarga terbaru 2013 ini mengusung konsep 'Cozy (Comfort dan Eazy)', sehingga cocok untuk digunakan ke berbagai kegiatan, dari bekerja, berbelanja, mengantar anak sekolah, berwisata, hingga resepsi pernikahan.

suzuki ertiga matic.jpg

Hadirnya Ertiga dengan Transmisi baru terinsipirasi dari peluncuran perdananya yang dilakukan di Indonesia. Oleh karenanya, secara harafiah Ertiga berasal dari bahasa Indonesia, yaitu gabungan dari: Er (dari huruf R) yang berarti Row (baris) dan Tiga yang berarti angka 3. Jadi Ertiga berarti mobil dengan 3 baris pada interiornya dan berkapasitas 7 orang penumpang seperti MPV. Perpaduan MPV dan sedan menjadikannya sebagai kendaraan Low MPV. Dengan platform All New Suzuki Swift, mobil ini menghasilkan sebuah kenyamanan yang tidak dimiliki oleh Low MPV yang lain.

suzuki ertiga matic dashboard.jpg

Menunjang aksentualitas, ornamen krom menempel di tubuh Ertiga, seperti grill depan dan garnish belakang. Selain kabin yang luas, Ertiga memiliki nuansa kemewahan yang bisa dilihat dari dashboard dan ruang interiornya yang terbuat dari bahan berkualitas dengan dominasi warna beige yang elegan. Dukungan sistem integrated audio 2-DIN dengan koneksi USB serta tombol kontrol audio yang menyatu dengan setir.

mesin dan grill suzuki ertiga matic.jpg

Ertiga ditopang chassis monocoque dengan dukungan mesin generasi terbaru Suzuki K14B berkapasitas 1.400 cc yang ringan dan bertenaga. Ditambah teknologi variable valve timing (VVT), multi point injection (MPI), drive by wire sistem pada pedal gas dan sistem penggerak roda depan, membuat Ertiga lebih bertenaga, responsif dan powerful namun tetap irit bahan bakar.

tempat duduk baris kedua ertiga.jpg

Demi keamanan, mobil keluarga ini dilengkapi sistem pengereman ABS, EBD dan BA. Serta side impact beam dan collapsible steering column serta safety belt untuk 7 penumpang, sehingga dapat mengurangi resiko cedera pada pengemudi dan penumpangnya jika terjadi kecelakaan.

ertiga+transmisi+matic.jpg

Untuk Ertiga transmisi otomatis 4-speed ini, terdapat pilihan posisi gear yakni P, R, N, D, 2 dan L. Posisi gear juga bisa dilihat di meter cluster. Sistem transmisi otomatis Ertiga ini juga memiliki shift lock dan over drive (OD), dimana, performa Ertiga semakin terasa saat memainkan transmisinya.

Secara utilitas seperti yang dilansir oleh otosia.com, memang MPV ini memiliki kapasitas 7-seater, bahkan bangku baris ketiganya didesain khusus orang dewasa. Dengan kelengkapan fasilitasnya. Di kelas MPV ekonomis, penjualan Ertiga yang sukses tersebut harus menghadapi Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Nissan Grand Livina dan Chevrolet Spin. Bahkan, Ertiga sudah bertengger di posisi kedua pasar low MPV di Tanah Air dengan menggeser Xenia. Ertiga ditawarkan mulai dari Rp 148 juta (GA MT) hingga Rp 185,8 juta (GX AT)- kumpulan modifikasi motor.

Post a Comment

 
Top
close