0

Credit : Saft7
Jaman sudah semakin maju perkembangan di dunia otomotif juga ikut membuat inovasi yang sangat menguntungkan termasuk di dalam dunia otomotif masalah kelistrikan.Saat ini, lampu HID banyak ditemui di pasaran terutama pada kendaraan kelas premium baik di roda dua atau roda empat. Lampu ini memang lebih cocok untuk konsumen dengan daya beli yang lebih tinggi karena harganya mampu mencapai jutaan rupiah. Harga mahal tersebut memang beralasan karena HID mempunyai banyak kelebihan yang tidak ada pada lampu lainnya. Bagaimanakah perbandingan antara lampu tipe HID ini dengan Halogen. 

Cara kerja dan konsep dasar lampu HID dan halogen memang sangat berbeda. HID adalah lampu dengan cahaya yang berasal dari busur listrik yang ditempatkan antara elektroda tungsten. Salah satu komponennya adalah gelas kaca berisikan gas Xenon. Perlu diketahui, HID juga dikenal sebagai lampu Xenon. Campuran gas xenon serta garam metal membuat intensitas cahaya dalam lampu menjadi lebih baik. Plasma yang dihasilkan berasal dari pemanasan garam metal. Lampu halogen bekerja dengan filamen tungsten dan bahan kimia. Halogen mampu memperpanjang usia bohlam karena tungsten yang menguap akan dialirkan kembali ke filament. Lampu halogen terkadang menggunakan teknologi Xenon untuk menghasilkan intensitas cahaya yang lebih baik.
Perbedaan antara lampu HID dan Halogen juga terletak pada efisiensi energi. Dengan daya sebesar 35 watt, lampu HID mampu menghasilkan intensitas cahaya sampai tiga kali lipat lebih banyak daripada lampu halogen. Meskipu lampu halogen menggunakan daya yang lebih besar sekalipun, hasilnya tidak akan setara dengan HID. Terlebih lagi, daya yang terlalu besar bisa membuat lampu menjadi lebih cepat panas. 

Perbedaan yang paling mencolok antara lampu HID dan halogen adalah harganya. Untuk satu lampu tipe HID, Anda harus rela mengeluarkan uang jutaan rupiah. Sangat beralasan jika produk ini hanya ditemukan pada mobil mewah kelas premium. Untuk lampu halogen, harganya hanya mencapai puluhan ribu atau ratusan ribu rupiah.etelah membandingkan kedua lampu tersebut, Anda bisa menentukan pilihan antara lampu HID atau halogen. Jika Anda memilih HID, Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih banyak terutama untuk meningkatkan keamanan dalam berkendara di malam hari.

Post a Comment

 
Top
close