0

 
Kehidupan terus begerak cepat, dan menjaga kesehatan serta tetap bugar bisa menjadi perkara yang sangat sulit untuk dilakukan saat Anda sibuk. Berikut 10 tips yang akan membantu Anda menemukan waktu luang sehigga Anda tetap bisa menjaga kebugaran tubuh.
 

1.     Membuat daftar.  Cara yang tepat untuk bisa fokus pada sesuatu yang menurut Anda berharga, seperti tetap sehat dan bugar, adalah dengan membuat sebuah daftar yang memuat segala hal yang Anda suka di waktu luang, seperti menonton serial TV favorit atau berlari. Setelah Anda membuat daftar tersebut, berikan nomor pada tiap aktivitas bergantung pada prioritas menurut Anda, mulai dari nomor satu hingga seterusnya. Selanjutnya Anda akan memiliki sebuah daftar aktivitas yang menurut Anda berharga. Cobalah untuk memasukkan tetap bugar dalam prioritas tiga teratas Anda tiap hari, meskipun itu hanya 15 menit.

2.     Sedikit bisa menjadi lebih. Anda tidak selalu harus berolahraga selama satu jam untuk mendapatkan manfaatnya dan segera setelah Anda mengetahui ini, Anda akan mampu berolahraga lebih sering bahkan di hari sibuk Anda. Misalnya, Anda bisa melakukan olahraga angkat beban selama empat menit, empat menit lainnya untuk latihan perut dan dua menit untuk gerakan squats and lunges.

3.    Pelajari beberapa resep makanan yang mudah dibuat. Bersusah payah berurusan dengan oven panas tidaklah menyenangkan, terutama ketika Anda sudah memiliki hari yang sangat sibuk dan tiba di rumah larut malam. Untuk memastikan bahwa ketika sedang berada dalam situasi seperti itu Anda tidak memakan makanan yang tidak sehat, pelajari beberapa resep makanan yang disajikan cepat. Steak kalkun dengan keju dan salad ubi adalah makanan sehat yang bisa dibuat dalam waktu kurang dari 10 menit

4.     Gunakan loudspeaker pada ponsel Anda. Jika Anda cenderung suka menelepon, coba pikirkan cara supaya bisa aktif saat lama menelepon. Keluarlah dari ruang kantor dan berjalanlah ke suatu tempat yang tenang bisa melakukan sedikit gerakan olahraga tanpa kehilangan konsentrasi saat menelepon, atau cobalah untuk mondar-mandir sebentar di kantor saat menelepon sehingga membantu Anda tetap aktif dan sehat.

5.     Makanan yang optimal. Ketika Anda sedang sibuk, maka diet Anda akan sulit dilakukan sehingga pizza dan makanan cepat saji yang dibawa pulang bisa menjadi terlalu sering Anda pilih. Untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang tepat, pastikan selalu memiliki persediaan makanan yang cukup yang memberikan manfaat kesehatan secara maksimal. Misalnya, tomat (baik untuk jantung Anda), bayam (baik untuk otak Anda), blueberry (baik untuk kolesterol Anda), salmon (baik untuk menurunkan berat badan) dan labu (baik untuk memori Anda) yang sangat bergizi dan akan membuat Anda kenyang.

6.     Pilihlah hotel yang sehat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine menemukan bahwa orang yang melakukan dinas luar kota untuk bekerja lebih dari 20 kali per bulan, 1,92 kali lebih cenderung menjadi gemuk dan 2,61 kali lebih mungkin untuk merasa seperti tidak sehat dari para pekerja yang hanya berdinas selama enam kali per bulan. Jika Anda berdinas jauh dari rumah untuk bekerja cobalah untuk memesan hotel lengkap dengan pusat kebugaran, pilihan menu sehat dan ketika Anda berada di sana hindari ngemil dan cobalah lakukan kegiatan yang lain.

7.     Berolahraga bersama anak. Anda Jika Anda melihat anak Anda berlarian, maka dengan cepat Anda menyadari bahwa mereka jauh lebih baik dari pada pelatih pribadi mana pun. Bermain dengan anak-anak Anda, apakah itu dengan trampolin, menari di ruang tamu Anda atau bermain lainnya bersama-sama adalah cara yang bagus untuk berolahraga tanpa menyadarinya. Plus, dengan cara ini Anda bisa membayar ‘utang’ waktu pada mereka yang Anda habiskan untuk bekerja

8.     Bersantai. Ketika Anda seharian penuh rapat dan dengan kesibukan di malam hari, tingkat stres Anda mungkin akan meningkat tinggi dan itu akan berdampak buruk untuk kesehatan dan kebahagiaan. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tetap sehat dan bugar adalah belajar bagaimana untuk bersantai. Jika Anda tidak punya waktu untuk bermeditasi atau mandi di pemandian air panas, penelitian telah menemukan bahwa tertawa dapat membantu kita untuk rileks dan mengurangi tingkat stres dalam tubuh. Jadi, lihatlah beberapa video lucu di Youtube untuk membantu Anda bersantai.

9.     Supersets.Dalam berbagai kesempatan saat Anda berhasil meluangkan waktu untuk berolahraga di tengah jadwal sibuk Anda, pastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari olahraga dengan melakukan superset. Superset dapat memangkas waktu olahraga Anda hingga 50 persen, karena daripada harus beristirahat di sela set, Anda bisa melakukan latihan alternatif yang mengistirahatkan otot-otot yang baru saja dilatih dan melatih otot satunya yang lain, sebelum Anda memulai set berikutnya. Misalnya, setelah Anda melatih otot perut Anda, latihlah punggung bagian bawah Anda.

10.   Menjalani gaya hidup aktif. Jika Anda kesulitan menemukan waktu untuk bisa pergi ke gym atau untuk sampai ke kelas dansa, Anda bisa memasukkan latihan ke dalam gaya hidup Anda agar dapat membantu Anda tetap sehat dan bugar, bahkan ketika jadwal Anda sedang sangat padat. Misalnya, berjalan pulang sambil membawa belanjaan, daripada naik taksi, lakukan kegiatan berkebun dengan pasangan Anda pada malam kencan Anda, atau pergi berenang dengan teman, daripada ngopi di kafe.(nh/ik)

 Dari : Berbagai Sumber

 



Post a Comment

 
Top
close