0

http://situs-ototrend.blogspot.com/
Credit : Pionize
Lampu HID merupakan lampu yang sangat membantu penglihatan kita pada saat malam hari dengan sorotannya yang sangat terang dibanding lampu yang lainnya , tidak herang banyak para pengadara memasang lampu tersebut di kendaraannya.Tetapi kendala utamanya adalah harganya yang begitu mahal,tetapi itu tidak menyurutkan para pembeli karena memiliki kepuasan tersendiri.Lampu HID memang berbeda dari lampu lain yang umumnya dijual di pasaran. Lampu tipe ini mampu menghasilkan intensitas cahaya yang lebih baik dan sudah pasti harganya lebih mahal. Bahkan, harga per lampu bisa mencapai jutaan rupiah. Harga yang mahal tersebut tentu harus membuat Anda ekstra hati-hati saat membeli lampu kelas premium ini. Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa Anda praktikkan saat memilih lampu. 

Tentukan jenis lampu HID yang anda akan di pakai. Penting diketahui, lampu HID ini dijual dalam berbagai jenis seperti H1,H3,H4,H7,H8,H11,HB3,HB4. Perbedaannya antara model tersebut tidak terlalu kelihatan  sebab hanya ditentukan oleh kaki tempat diam bohlam. Di Indonesia ini, jenis yang paling digemari untuk digunakan yaitu H4. Ciri pokok dari jenis ini adalah lampu jauh dan dekat yang saling berdekatan. Jika anda ingin jenis lain, mungkin anda tidak bisa mendapatkannya secara mudah.

Faktor lain yang perlu diutamakan yaitu besaran derajat Kelvin. Selain jenis yang berbeda-beda, lampu HID juga dijual dengan besaran derajat kelvin yang berlainan. Besaran yang paling rendah adalah 3000K. Harus diketahui,mengoprasian lampu dengan besaran kelvin yang sangat tinggi justru mengancam keselamatan pengguna lain. Nyala lampu yang sangat terang tentu akan membahayakan karena membuat mata kita buta atau blank sesaat. Untuk mencegah kemungkinan ini, anda harus menyetting tinggi rendah sinar lampu tersebut. 

Saat membeli lampu HID, Anda harus lebih mengutamakan aspek kegunaan daripada aspek ‘bentuk’ dari lampu tersebut. Sebenarnya, lampu HID dengan besaran kelvin standar sudah lebih dari cukup untuk memberikan keterangan cahaya yang terang untuk menerangi perjalanan anda di malam hari. Faktor yang sangat penting lainnya yaitu garansi. Setiap toko tentu megeluarkan garansi berbeda untuk setiap pembelian lampu HID. Pilihlah toko yang mampu memberikan garansi yang lebih lama utamanya untuk servis atas kerusakannya. 

Tips ini sangat berguana dan cukup berguna saat Anda ingin membeli  HID baru yang sebagian besar dijual dengan harga yang sangat mahal. Pilihan yang tepat yaitu akan sangat bermanfaat dan mampu menghasilkan nyala lampu yang lebih terang dengan jarak sorot lebih jauh.Yang tidak kalah penting sesuaikan dengan isi saku anda jangan karena ingin sekali menggunakan lampu HID perlengkapan kendaraan anda yang lain di abaikan .Saran saya utamakan dulu membeli perlengkapan yang fatal fungsinya bagi kendaraan anda.

Source : Dari berbagai sumber

Post a Comment

 
Top
close