0


TIPS SALES - 01 :


Profesi sebagai seorang marketing ataupun disebut wiraniaga dan lebih popular dengan sebutan sales memerlukan pengetahuan dan ketrampilan yang harus terus menerus ditambah dan diperbaharui. Wawasan dan pengetahuan seorang sales harus terus diasah dan ditingkatkan setiap waktu karena merupakan tuntutan profesi yang mau tidak mau harus dilakukan. 

Apabila wawasan dan pengetahuan sales sangat minim baik tentang teknik menjual, cari prospek, komunikasi, negosisai pengetahuan produk, juga pesaing maka bisa dipastikan akan muntaber (mundur tanpa berita) hehehe..yah kalau tidak capai target alamat dipecat, atau terus menerus diomelin atasan tiap hari.

Berikut ada tulisan menarik yang saya baca dan bagikan kepada pembaca disini dari seorang pakar sales trainer yang cukup terkenal mas Deddy Budiman. Beliau adalah salah seorang yang menjadi tempat saya belajar tentang seluk beluk dunia marketing /sales. Saya menjadikan mas Dedy Budiman sebagai guru juga mentor saya dibidang marketing /sales melalui tulisan-tulisannya. Berikut adalah tulisan dari Dedy Budiman M.PD silah membaca, jangan lupa siapkan secangkir kopi dan sepiring pisang goreng….muantab…! hehehe…


if you don't do it every day,you're a bum

Coba bayangkan sejenak kira-kira apa yang akan terjadi bila seorang pria tidak mencukur kumis dan jenggotnya dalam waktu 7 hari? Pastinya muka pria tersebut akan nampak berantakan karena kumis dan jenggotnya yang menutupi wajahnya.
Jangankan 7 hari, bila 1 hari saja seorang pria lupa mencukur atau merapikan kumis dan jenggotnya, maka sudah terlihat kurang rapi.

Mencukur kumis memang nampak seperti hal sepele, tapi hal ini berpengaruh terhadap penampilan seseorang. Jadi untuk memastikan anda tampak selalu rapi dan bersih maka pastikan untuk selalu secara teratur meluangkan waktu untuk mencukur kumis anda.

Berbicara tentang mencukur kumis saya jadi teringat dengan kebiasaan lainnya yang juga seharusnya dilakukan oleh setiap SALES agar bisa menjadi seorang SALES MASTER.

Banyak kali saya temui SALES yang enggan melakukan kegiatan yang seharusnya mereka lakukan karena mereka merasa bahwa itu merupakan hal yang sepele. Padahal mereka tidak menyadari bahwa hal sepele itu berdampak besar terhadap pencapaian omset penjualan mereka.

Misalnya coba anda bayangkan apa yang akan terjadi bila seorang SALES tidak mempunyai database customer mereka, atau ada seorang SALES yang tidak pernah menjalin relasi dengan pelanggan mereka. Dan maunya hanya menjual dan menawarkan produk kepada pelanggan tapi tidak mau tahu apa yang sedang dialami oleh pelanggan mereka.

Apakah anda mau membeli dari seseorang yang setiap waktu bila ketemu anda hanya menawarkan produk atau jasa mereka? Tentu saja anda tidak akan mau bahkan kalau bisa anda akan menghindari orang-orang yang seperti ini.
Menjual itu juga sama seperti mencukur, agar bisa mendapatkan penjualan yang bagus, maka anda harus melakukan beberapa hal rutin terhadap calon pelanggan ataupun pelanggan anda

Kegiatan rutin itu bisa dimulai dengan merapikan database setiap hari, janganlah menunda-nunda karena ketika menunda maka anda akan semakin malas dan lupa. Setelah itu perhatikan dari database anda siapa pelanggan yang berulang tahun di hari ini. Bila ada yang berulang tahun hubungilah mereka dan berikan ucapan selamat.

Atau bila tidak ada yang berulang tahun, luangkanlah waktu untuk sekedar “say hello” atau bersilaturahmi dengan menanyakan kabar mereka, bagaimana keluarga ataupun bisnis mereka. Jaman sudah semakin canggih sekarang, bila anda takut mengganggu bila menghubungi lewat telephone, maka anda bisa menggunakan bbm ataupun social media lainnya, seperti facebook, twitter, linkedin dan berbagai media lainnya.

Apa yang anda lakukan ini memang sekilas terlihat sepele tapi sebenarnya hal ini sangat penting dalam mempererat hubungan anda dengan pelanggan. Yang akhirnya berdampak terhadap penjualan anda, entah mereka membeli kembali produk anda atau mereka bisa memberikan referensi karena mereka puas dengan pelayanan anda.

Jadi sama seperti mencukur kumis, membangun relasi dengan pelanggan setiap hari merupakan hal penting yang harus anda lakukan. Tinggal masalahnya maukah anda melakukannya setiap hari? MAU?


Dedy Budiman M.Pd adalah seorang Champion Sales Trainer yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan salesmanship di berbagai perusahaan di Indonesia. Mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia penjualan dengan beragam jalur distribusi mulai dari End User, Retail, Traditional Market, Modern Market membuat Dedy Budiman seorang Sales Trainer yang akan membantu anda ataupun sales team anda menjadi Sales Champion.


Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi www.dedybudiman.com, facebook: tipsales, twitter: @dedybudiman atau menghubungi susan@dedybudiman.com.



Post a Comment

 
Top
close