0

Pada tanggal 9 April 2013 di New Delhi- India, Pabrikan motor dunia Yamaha mengumumkan akan membuat motor termurah di Dunia   dengan kisaran harga $ 500.00 US dollar dengan basis riset dan pengembangan serta produksi utamanya di India. Langkah pertama yang di bidik adalah pasar India setelah itu mereka akan menyiapkan model global untuk target pasar export.

Yamaha Motor Research and Development India Pvt Ltd (YMRI) yang baru didirikan di Surajpur in negara bagian Uttar Pradesh  bulan Febuari tahun ini telah mengembangan model yang dimaksud dan menjadi tempat pertama yang meluncurkan produk tersebut. Pusat produksi Yamaha di India sebelumnya telah ada di Faridabad di negara bagian Haryana- India

Bos YMRI Toshikazu Kobayashi mengatakan kepada media bahwa  tujuan mereka  adalah mmengembangkan motor dengan biaya produksi terendah dan biaya suku cadang yang termurah. Target kami adalah mengembangkan Sepeda Motor termurah dengan harga sekitar $ 500.00 ( Lima ratus dollar amerika)


Yamaha Crux - India
 Kobayashi juga mengatakan  ada 80 orang insiyur di pusat R& D yang berlokasi di Surajpur yang telah siap mewujudkan hal tersebut dan Yamaha akan membangun Pusat R&D  lainnya di Chennai tahun 2015. Pusat R& D yang berlokasi di India akan fokos mengembangkan model-model Low Cost dan model-model High End akan dikembangkan di Jepang.

Fasilitas yang akan dibangun di Chennai ini akan bertujuan ekspor. Di samping India Yamaha Motor mempunyai 4 pusat R& D nya yakni Itali, Taiwan, China dan Thailand. Sayang ngak satu kalimatpun bilang punya atau bakal punya pusat R& D di Indonesia, padahal pasar Yamaha di Indonesia adalah salah satu terbaik si Dunia.


YMRI - India
 Apa  karena selera Masyarakat  Indonesia kalo soal motor rada High gitu, jadi  studi nya bilang kurang layak kalo Indonesia jadi basis R& D dan pusat produksi serta ekspor motor  apalagi kategori termurah,,,wkwkk

Pabrik baja kelas dunia ada di Indonesia, Pabrik pabrik komponen seperti ban, aki, kabel-kabel, velg, jok, laher, plastik bodi ada, tukang bubut bejibun, insinyur banyak, perbankan hebat,......bukan iri, tapi kombinasi pasar yang demikian besar di dalam negeri, potensi komponen  dan peluang menjadi basis ekspor tentu bisa  menjadi modal bersaing di dunia .......... dari berbagai sumber ...tetap semangat.

Post a Comment

 
Top
close