0

2014 Yamaha FZ 09 - 850cc Triple
 Slogan Yamaha Semakin di Depan  rupanya memgelegar di semua bidang , mulai dari lintasan balap GP duet Valentino  Rossi dan Jorge  Lorenzo , peluncuran Yamaha Bolt - sepeda motor bergenre Bobber 900cc V twins yang menyasar segmen anak muda dan minggu lalu di California Yamaha  merilis jagoan anyarnya yakni 2014 Yamaha FZ 09 ( di Eropa MT 09). Di Amerika Motor ini di banderol US dollar 7990.00 sebuah tawaran yang sangat kompetitif dibanding motor sekelasnya.

Desain Motor Naked sini sangat revolusioner. Mengunakan sasis aluminium Diamond yang unik turbular pipe untuk sub frame, posisi mesin yang mengantung, lengan ayun belakang yang menyerupai huruf  S dan yang terpenting adalah dapur pacu yang berjantung 3 silinder yang mengunakan 850cc .

Mesin ini  juga mengunakan  Balance Shaft  yang berputar terbalik, dilengkapi  Yamaha D mode dan Ride by Wire Thorttle yang  membantu setting karakter mesin dengan medan yang di tempuh,  pasokan bahan bakar injeksi, 4 katup per silinder, langkah yang pendek (78 bore x 59,1 stroke) , dengan kompresi 11,5 :1 115 PS dan mengunakan 6 percepatan.

Torsi yang dihasilkan 65 ft/ lbs sangat mumpuni bahkan melampaui kelas di atasnya. sebagai contoh BMW F 800 R  - 63 ft/ lbs, Ducati Monster 796 - 58 ft/lbs. Bahkan  Dibandingkan dengan generasi  Yamaha FZ08 yang bermesin segaris 4 silinder, Motor ini lebih ringan 53 Pound  atau sekitar 24 Kg- sebuah peningkatan yang fenomenal dan harga yang lebih murah dengan tenaga dan torsi yang lebih sangar..

Motor  FZ 09 ini disinyalir sebagai jawaban atas response Yamaha terhadap hilangnya pasar kelas sport mereka khususnya di Amerika yang sangat didominasi Kawasaki dengan Ninja seriesnya dan merangseknya Honda dengan peluncuran motor baru mereka yang praktikal seperti NC 700X . Belum lagi komitmen Suzuki yang akan terjun kembali ke motor GP tahun 2015 tentu akan membawa strategi baru untuk jualan di kelas sport 700-900cc plus intaian merek-merek premium Eropa seperti Ducati, Aprilia, Moto Guzzi , Triumph bahkan Benelli  yang getol mengeluarkan produk di kelas ini.

Semoga semangat  Yamaha ini mengalir di Tanah Air , setidaknya melalui produk yang ditunggu- tunggu Bikers Indonesia yakni Yamaha YZ R 250, mudah-mudah tampil  dalam 3 Varian yakni Adventure, Naked dan Full Fairing serta minimum bersilinder 2 , injeksi dan empat katup persilindernya. Barangkali juga Pemerintah mau nurunin pajak impor moge , biar menjamur . terjangkau dan ngak eksklusif lagi serta sebagai kendaraan harian penganti mobil. (harapan.com), Sumber: Motorcycle Daily.




Post a Comment

 
Top
close