0

TIPS SALES - 08 :

Profesi sebagai seorang marketing ataupun disebut wiraniaga dan lebih popular dengan sebutan sales memerlukan pengetahuan dan ketrampilan yang harus terus menerus ditambah dan diperbaharui. Wawasan dan pengetahuan seorang sales harus terus diasah dan ditingkatkan setiap waktu karena merupakan tuntutan profesi yang mau tidak mau harus dilakukan.
Apabila wawasan dan pengetahuan sales sangat minim baik tentang teknik menjual, prospek, komunikasi, negosisai pengetahuan produk, juga produk pesaing maka bias dipastikan akan muntaber (mundur tanpa berita) hehehe..yah kalau tidak capai target alamat dipecat, atau terus menerus diomelin atasan.

Berikut adalah bahasan yang perlu diketahui dan dipraktekkan oleh siapapun dan profesi apapun yang saat ini dijalani yaitu mengenai :

MITOS DALAM PENJUALAN

William T Brooks dalam bukunya “The New Science of Selling and Persuasion : How Smart Companies and Great Salespeople Sell” menuliskan bahwa banyak SALES yang terjebak dalam MITOSPenjualan.
Sebelum membahas mitos dalam penjualan, tentunya anda harus mengerti terlebih dahulu apa itu MITOS ? Cerita berikut ini akan membantu anda untuk memahaminya. Suatu waktu ada seorang pemuda yang hendak gantung diri karena terlilit oleh hutang yang sangat banyak. Pada saat ia hendak menggantungkan lehernya, tiba-tiba muncullah seorang nenek tua dan menegurnya “Mengapa engkau mau bunuh diri hai anak muda?”

Lalu anak muda itu menceritakan masalah hutang yang dialaminya. Sang nenek lalu berkata “hi...hi..hi... anak muda nan ganteng, gara-gara hutang saja kok mau gantung diri. Nenek akan membantu menyelesaikan masalah kamu asalkan kamu mau menikahi nenek.”
Sang anak muda ini lalu berpikir, daripada pusing dikejar hutang tidak ada salahnya menikahi nenek yang sudah tua ini. Singkat cerita mereka menikah, keesokan harinya anak muda ini bertanya kepada sang nenek “ Nek, saya sudah menikahi nenek berarti hutang-hutang saya juga sudah hilang semua yah?” Lalu sang nenek menjawab “Umur kamu sekarang berapa anak muda?”

“25 tahun nek”, jawab si anak muda. Lanjut si nenek “ udah 25 tahun kok masih percaya sama cerita nenek sihir...hi....hi....hi......”
Nah, cerita nenek sihir itu adalah MITOS.

MITOS adalah sesuatu yang dipercayai seseorang dan telah dianggap sebagai sebuah kebenaran sejak dahulu tapi belum tentu bisa dibuktikan kebenarannya.

Dalam dunia penjualan juga ada banyak MITOS yang masih dipercayai oleh orang sales, berikut adalah beberapa diantaranya :

1. Seorang Sales harus banyak bicara
2. Motivasi yang tinggi merupakan kunci sukses dalam menjual

3. Sales Gagal karena tidak bisa menghadapi penolakan dari pelanggan

Mengapa ketiga hal ini di sebut sebagai MITOS, saya akan menjelaskannya untuk anda.

1. Seorang Sales harus banyak bicara

Apakah anda pernah memikirkan mengapa Tuhan menciptakan manusia dengan 2 daun telinga dan satu mulut? Seorang bijak pernah mengatakan bahwa ini dikarenakan Tuhan menginginkan manusia lebih banyak mendengarkan dibandingkan berbicara.

Bayangkan satu waktu anda bertemu dengan seorang sales motor, lalu ia menceritakan berbagai macam jenis motor yang dijualnya, menjelaskan keunggulan masing-masing type dan merayu anda sedemikian rupa supaya anda tertarik mau membeli darinya. Kira-kira apa respons anda bila menemui sales seperti ini?

Bandingkan bila anda bertemu dengan seorang sales motor yang bertanya kepada anda terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan anda. Lalu ia mendengarkan penjelasan anda dengan seksama, baru setelah itu ia memberikan type motor yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Dari kedua contoh diatas anda bisa melihat bahwa seorang sales yang professional adalah mereka yang lebih banyak mendengarkan dibandingkan berbicara. Dengan mendengarkan anda akan lebih mudah untuk memberikan solusi. Tetapi bila anda terlalu banyak bicara maka anda tidak akan bisa mengerti apa yang diinginkan pelanggan.

2. Motivasi yang tinggi merupakan kunci sukses dalam menjual

Dalam merekrut tenaga penjualan, banyak perusahaan yang melihat terlebih dahulu motivasi dari kandidat yang akan mereka rekrut. Bila sang kandidat mempunyai semangat yang tinggi, maka ini bisa menjadi salah satu point utama untuk menerimanya.

Motivasi memang penting, tetapi dalam realita dilapangan motivasi yang tinggi saja tidak cukup untuk membuat seorang sales sukses dalam menjual. Dalam banyak kejadian sales yang mempunyai motivasi tinggi melakukan berbagai hal hanya berdasarkan semangat yang mereka miliki. Mereka tidak menyadari bahwa semangat tanpa diimbangi oleh pengetahuan dan keterampilan maka hanya akan membuang-buang energi percuma.

Jadi motivasi saja tidak akan cukup untuk membuat seorang sales berprestasi, dibutuhkan juga pengetahuan yang luas dan keterampilan dalam menjual.


3. Sales Gagal karena tidak bisa menghadapi penolakan dari pelanggan

Banyak perusahaan dan manager yang frustasi dengan tingginya angka turn-over sales team mereka. Seringkali mereka mengatakan bahwa banyak sales yang gagal karena mereka tidak bisa menghadapi penolakan dari pelanggan.

Ternyata berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh William T.Brooks, mereka menemukan bahwa masalah yang sebenarnya dari banyaknya sales yang gagal adalah dikarenakan kurangnya kepercayaan diri , tidak menyukai pekerjaan menjual, tidak mempunyai komitmen dan tujuan yang jelas.

Semoga penjelasan mengenai MITOS Penjualan ini bisa bermanfaat dalam memahami dunia penjualan dan meningkatkan penjualan anda.


Happy Selling

  
Sumber : Dedy Budiman M.Pd
http://www.facebook.com/tipsales



Post a Comment

 
Top
close