0
Bagi pengendara yang menyukai tantangan, mobil dengan transmisi manual memang lebih mengasyikkan ketimbang mobil bertransmisi otomatis atau matik. Sebab jika dibawa berakselerasi mobil dengan transmisi manual jauh lebih responsif ketimbang transmisi matik.

Diantara semua yang memiliki mobil bertransmisi manual mungkin masih ada yang belum tahu cara merawat mobil dengan transmisi manual. Bagaimana cara mudah merawat mobil dengan transmisi manual.
Mobil dengan transmisi manual perawatannya pada dasarnya jauh lebih mudah dan murah ketimbang dengan transmisi otomatis karena tidak banyak yang harus diganti dan komponennya juga tidak serumit transmisi otomatis.



Perawatan untuk mobil bertransmisi manual tidaklah susah. Anda hanya harus sering memperhatikan dan merawat kopling dan oli gardan harus sering diganti.

Pada prinsipnya hampir sama dan sangat mudah. Merawat kopling dan oli gardan saja dijamin tidak akan ada masalah.

Minyak kopling pada mobil transmisi manual harus sering dicek dan diganti minimal 1 atau maksimal 2 tahun sekali.

Hal itu dilakukan agar kadar air dan debu di dalam minyak atau oli tersebut tidak mempengaruhi kinerjanya.

Kalau 2 tahun mobil tidak digunakan atau jarang jalan akan terjadi kondensasi atau penguapan kadar air di oli tersebut yang menjadikan sedikit lembab, sehingga fungsi pelumasnya berkurang yang mengakibatkan pelat kolpingnya akan mengelupas atau rapuh.

Bagi Anda yang memiliki mobil dengan transmisi manual cara merawatnya ternyata tidak susah, Anda hanya memperhatikan 2 hal yang disebutkan tadi. Kalau kedua hal itu sudah dilakukan dengan baik maka mobil Anda pun akan terbebas dari masalah yang tidak diinginkan. Selamat mencoba

Post a Comment

 
Top
close