0

http://situs-ototrend.blogspot.com/2013/05/perbedaan-antara-lampu-hid-dan-lampu.html
Credit : Kiosban
Kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh berbagai macam faktor diantaranya adalah faktor manusia dan alam.Dari kedua faktor tersebut dibagi lagi menjadi partikel pendukungnya.Kebanyakan kecelakaan disebabkan oleh motor yang telah dimodifikasi dimulai dari kaki-kaki,ban,velg,body, bahkan sampai ke lampu utama. Lampu yang digunakan di sepeda motor banyak macamnya seperti lampu halogen,fijar dan HID.Lampu HID saat ini kerap digunakan untuk kendaraan bermotor baik yang beroda empat atau dua. Lampu ini kerap digunakan karena mampu menghasilkan nyala yang lebih terang. Meskipun penggunaan lampu ini cukup merugikan pengendara lain, masih tetap ada juga pengendara yang menggunakannya. Larangan tersebut bukanlah tanpa alasan. Lampu ini kadang dituding sebagai penyebab kecelakaan lalu lintas. Penggunaan lampu ini memang berisiko tetapi risiko tersebut lebih dibebankan kepada orang yang melihat nyala lampu tersebut. Namun, ada tips mudah untuk mengurangi risiko dari penggunaan lampu ini. 

Salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas adalah nyala lampu HID yang sangat terang. Cahaya yang sangat silau tersebut tentu akan mempersulit pengendara lain yang berada di depan kendaraan dengan lampu HID. Lampu ini mampu mengakibatkan kebutaan sesaat dan pengendara akan kesulitan untuk mengidentifikasi kendaraan lain di depannya setelah melihat nyala lampu ini.
Jika Anda berpapasan dengan kendaraan menggunakan lampu HID, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menjamin keselamatan Anda di jalan. Tips mudah ini bisa mengurangi risiko kecelakaan. Jika Anda bertemu dengan kendaraan tersebut, lebih baik kurangi kecepatan. Atau, pinggirkan kendaraan Anda sampai kendaraan berlampu terang tersebut berlalu. Dengan mengurangi kecepatan, Anda tidak akan mengalami risiko kecelakaan. Namun, jangan mengerem kendaraan mendadak. Jika Anda melakukannya, risiko ditabrak kendaraan dari belakang menjadi lebih besar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nyala lampu HID mampu membuat Anda buta sesaat bahkan setelah Anda tidak melihat nyalanya lagi. 

Jika kendaraan yang menggunakan lampu HID tersebut datang dari arah belakang, biarkanlah kendaraan tersebut lewat terlebih dahulu. Meskipun nyalanya tidak seterang ketika melaju dari depan. Cahaya menyilaukan yang dipantulkan dari spion kendaraan Anda tetap mengganggu kenyamanan Anda saat berkemudi. Keamanan dan keselamatan adalah faktor paling penting dalam berkendara. Sikap waspada bisa menekan risiko kecelakaan lalu lintas baik di siang ataupun malam hari. Lampu HID bukanlah satu-satunya sumber kecelakaan. Tentunya, Anda juga harus memperhatikan rambu lalu lintas yang harus dipatuhi.Dan yang paling aman adalah memakai lampu pijar atau yang sejenis dengan lampu bawaan pabrik karena sorotan lampunya standart tidak terlalu silau .

source : dari berbagi sumber

Post a Comment

 
Top
close